Jika anda pernah mendengar kucing memiliki sembilan nyawa, ungkapan ini terjadi pada Oscar. Oscar adalah seekor kucing yang kehilangan kaki belakangnya pada Oktober 2009. Kini kedua kaki Oscar itu sudah diganti dengan kaki besi.

Oscar adalah kucing yang biasa hidup di lahan pertanian di Inggris, kecelakaan di lahan pertanian mengakibatkan kucing berusia 2,5 tahun itu harus mengalami amputasi pada 2 kaki belakangnya.

Pemiliknya, Kate dan Mike Nolan langsung membawa kucing kesayangan mereka ke dokter hewan terdekat. Dr. Noel Fitzpatrick, seorang dokter ortophedic syaraf langsung mengoperasi Oscar dan memasang dua kaki baru untuknya. Fitzpatrick, juga bekerja sebagai insinyur biomedis. Kaki besi yang menempel pada Oscar memudahkannya berjalan seperti biasa.

Di tahun 2008, Fitzpatrick pernah memasang lutut palsu untuk kucing bernama Missy yang kecelakaan akibat tabrak lari di Amerika Serikat. Beberapa hewan lain juga pernah mendapatkan tulang palsu yang dipasang di Fakultas Kedokteran Hewan North Carolina State University’s College.

Menurut  Johnston, 6 bulan ke depan setelah Oscar mendapatkan kaki palsu, adalah masa yang kritis. Dokter hewan Oscar harus benar-benar memberikan perhatian ekstra padanya. Karena pada saat itu masalah akan muncul. “Kaki itu tidak untuk selamanya, namun jika kucing itu mendapatkan obat anti sakit, maka Oscar akan mampu bergerak sebagaimana biasanya.”

sumber : http://esqmagazine.com