Sikronisasi

Koordinasi akses ke shared data, misalkan hanya satu proses yang dapat menggunakah shared var.

Contoh operasi terhadap var. “counter” harus dijamin di-eksekusi dalam satu kesatuan (atomik) :

counter := counter + 1;

counter := counter – 1;

Sinkronisasi merupakan “issue” penting dalam rancangan/implementasi OS (shared resources, data, dan multitasking).

Mutual Exclusion

Adalah jaminan hanya satu proses yang mengakses sumber daya pada suatu interval waktu tertentu. Proses proses yang lain dilarang mengerjakan hal yang sama. Bagian program yang sedang mengakses memori atau sumber daya yang dipakai bersama disebut Critical Section/Region. Mutual Exclusion merupakan jaminan untuk mengatasi kondisi pacu agar tidak boleh 2 proses atau lebih memasuki Critical Section secara bersamaan. Kesuksesan proses – proses kongkuren memerlukan pendefinisian Critical Section dan memaksakan Mutual Exclusion di antara proses-proses kongkuren yang sedang berjalan. Pemaksaan Mutual Exclusion merupakan landasan pemrosesan kongkuren.

maka uraian mengenai implementasi sinkronisasi dan mutual exclusion di windows dan linux sebagai berikut

mengenai definisi dari apa itu sinkronisasi dan apa itu mutual exclusion telah di jelaskan pada postingan sebelumnya, jadi kali ini akan di jelaskan secara langsung perbedaan dari dua oeprasi sistem diantaranya :

  • Windows

Sinkronisasi primitive yang umum seperti semaphore, mutexes, spinlocks, timers, didasarkan dari dasar mekanisme tunggu/sinyal.

untitled

  • Linux

Sinkronisasi primitive yang umum seperti semaphore, mutexes, spinlocks, timers, didasarkan dari dasar mekanisme sleep/wake up .Linux menghadirkan variasi mekanisme untuk komunikasi interprocessor dan sinkronisasi. Berikut bisa kita ketahui bagian yang paling penting:

  • Pipes
  • Messages
  • Shared Memory
  • Semaphores
  • Signals

Pipes, messages, dan Shared Memory dapat digunakan untuk berkomunikasi data antar proses dimana semaphores dan signal digunakan untuk aksi trigger oleh proses lain.

sumber : http://minitux.wordpress.com/2009/04/16/sinkronisasi-mutual-exclusion-di-windows-linux/

nama anggota

Joko Saputra (08.04.111.00019)

Rendra Rizky P (08.04.111.00017)

Lynda Octavia S (08.04.111.00120)