Definisi proses Secara tidak langsung, proses adalah program yang sedang dieksekusi. Menurut SilberSchatz, suatu proses adalah lebih dari sebuah kode program, yang terkadang disebut text section . Proses juga mencakup program counter , yaitu sebuah stack untuk menyimpan alamat dari instruksi yang akan dieksekusi selanjutnya dan register. Sebuah proses pada umumnya juga memiliki sebuah stack yang berisikan data-data yang dibutuhkan selama proses dieksekusi (seperti parameter method, alamat return dan variabel lokal), dan sebuah data section yang menyimpan variabel global. Sama halnya dengan SilberSchatz, Tanenbaum juga berpendapat bahwa proses adalah sebuah program yang dieksekusi yang mecakup program counter , register, dan variabel di dalamnya. termasuk
• Suatu program dalam pelaksanaan
• Sebuah contoh dari program yang berjalan pada komputer
• Entitas yang dapat ditugaskan dan dijalankan pada prosesor
• Sebuah unit aktivitas ditandai dengan pelaksanaan suatu urutan instruksi,keadaan saat ini, dan terkait set sumber daya sistem Juga dapat memikirkan suatu proses sebagai entitas yang terdiri dari sejumlah elemen. Dua unsur penting dari sebuah proses adalah program kode (yang dapat dipergunakan bersama dengan proses lain yang melaksanakan program yang sama) dan satu set data yang terkait dengan kode itu. Mari kita anggap bahwa prosesor mulai menjalankan program ini, sementara melaksanakan program ini, proses ini dapat ditandai dengan unik
jumlah elemen, termasuk yang berikut:
• Identifier: Sebuah pengenal unik yang diasosiasikan dengan proses ini, untuk membedakannya
dari semua proses lainnya.
• State: Jika proses saat ini melaksanakan, itu adalah dalam keadaan berjalan.
• Prioritas: Prioritas tingkat relatif terhadap proses lainnya.
• Program counter: Alamat dari instruksi berikutnya dalam program yang akan dieksekusi.
• Memori pointer: termasuk pointer ke kode program dan data yang terkait dengan proses ini, ditambah blok memori yang digunakan bersama proses lain.
• Konteks data: Ini adalah data yang ada dalam register dalam prosesor sedangkan proses yang mengeksekusi.
• I / O status informasi: Termasuk beredar I / O, I / O perangkat (misalnya, tape drive) ditugaskan untuk proses ini, sebuah daftar file yang digunakan oleh proses, dan sebagainya.

• Informasi Akuntansi: Mei meliputi jumlah waktu prosesor dan jam waktu yang digunakan, batas waktu, nomor rekening, dan sebagainya.

Walau dua proses dapat dihubungkan dengan program yang sama, program tersebut dianggap dua urutan eksekusi yang berbeda. Sebagai contoh, beberapa pengguna dapat menjalankan copy yang berbeda pada mail program, atau pengguna yang sama dapat meminta banyak copy dari program editor. Tiap-tiap proses ini adakah proses yang berbeda dan walau bagian text-section adalah sama, data section -nya bervariasi.

Informasi dalam daftar sebelumnya disimpan dalam struktur data, biasanya disebut proses kontrol blok, yang dibuat dan dikelola oleh OS. Titik signifikan tentang blok kontrol proses yang cukup mengandung informasi sehingga ada kemungkinan untuk mengganggu proses berjalan dan kemudian melanjutkan eksekusi seakan gangguan itu tidak terjadi. Blok kontrol proses merupakan kunci alat yang memungkinkan OS untuk mendukung proses ganda dan untuk multiprocessing. Ketika sebuah proses terputus, nilai saat ini dari program counter dan register prosesor (data konteks) yang disimpan dalam bidang yang sesuai blok kontrol proses yang sesuai, dan keadaan proses ini berubah menjadi beberapa nilai lain, seperti diblokir atau siap (dijelaskan kemudian). OS sekarang bebas untuk menaruh beberapa proses lainnya dalam keadaan berjalan. Konter konteks program dan data untuk proses ini dimuat ke register prosesor dan proses ini sekarang mulai mengeksekusi. Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa proses yang terdiri dari kode program dan data yang terkait ditambah blok proses kontrol. Untuk komputer-prosesor tunggal, pada waktu tertentu, pada paling satu proses adalah melaksanakan dan proses yang ada di negara berjalan.

Gambar 3-2. Process Control Block

sumber
google.com
William Stallings.2001.Process, Fourth Edition. Prentice Hall.
Anggota Kelompok
Joko Saputra (08.04.111.00019)
Lynda Oktavia S (08.04.111.00120)
Rendra Rizky P (08.04.111.00017)