Deskripsikan proses pada kedua SO tersebut

Linux

Linux dimulai sebagai varian UNIX untuk IBM PC (Intel 80386) arsitektur. Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia ilmu komputer, menulis awal version.Torvalds diperkenalkan versi awal dari Linux di Internet pada tahun 1991. Sejak itu, sejumlah orang, berkolaborasi melalui internet, telah memberi kontribusi pada pengembangan Linux, semua di bawah kendali Torvalds. Karena Linux itu gratis dan kode sumber tersedia, ini menjadi alternatif awal workstation UNIX lainnya, seperti yang ditawarkan oleh Sun Microsystems dan IBM.Today, Linux adalah fitur penuh sistem UNIX yang berjalan pada semua platform dan lebih, termasuk Intel Pentium dan Itanium, dan Motorola / IBM PowerPC.

Struktur modular

Kebanyakan UNIX kernel adalah monolithic.Recall dari sebelumnya dalam bab ini bahwa monolitik. Kernel adalah salah satu yang mencakup hampir semua fungsi sistem operasi dalam satu blok kode yang besar .

Tabel modul meliputi unsur-unsur berikut:

  • selanjutnya: Penunjuk untuk modul berikut. Semua modul tersebut akan disusun dalam sebuah terkait daftar list.The dimulai dengan pseudomodule (tidak ditampilkan pada Gambar 2.17).
  • Nama: Penunjuk untuk nama modul.
  • Ukuran: ukuran Modul halaman memori.
  • usecount: Modul penggunaan counter. Penghitung bertambah ketika operasi melibatkan fungsi-fungsi modul dimulai dan decremented ketika operasi berakhir.
  • flags: Modul bendera.
  • nsyms: Jumlah diekspor simbol.
  • ndeps: Jumlah referensi modul
  • * syms: Penunjuk untuk simbol modul ini meja.
  • * deps: Pointer ke daftar modul yang direferensikan oleh modul ini.
  • * refs: Pointer ke daftar modul yang menggunakan modul ini.



komponen kernel utama adalah sebagai berikut:

  • Sinyal: kernel menggunakan sinyal untuk menelepon ke dalam suatu proses. Sebagai contoh, sinyal digunakan untuk memberitahukan proses kesalahan tertentu, seperti pembagian dengan nol. Tabel 2.6 memberikan beberapa contoh sinyal.
  • Sistem panggilan: Sistem panggilan adalah sarana yang proses permintaan yang spesifik layanan kernel. Ada beberapa ratus system call, yang dapat secara kasar dikelompokkan ke dalam enam kategori: filesystem, proses, penjadwalan, interprocess komunikasi, socket (jaringan), dan 2,7 mendefinisikan miscellaneous.Table beberapa contoh dalam setiap kategori.
  • Proses dan scheduler: Membuat, mengelola, dan jadwal proses.
  • Virtual memory: mengalokasikan dan mengatur memori virtual untuk proses.
  • File systems: Menyediakan global, hierarkis namespace untuk file, direktori, dan file lain yang terkait objek dan menyediakan fungsi sistem berkas.
  • Jaringan protokol: Mendukung Socket antarmuka bagi pengguna untuk TCP / IP protokol suite.
  • device driver Karakter: Mengatur perangkat yang membutuhkan kernel untuk mengirim atau menerima data satu byte pada suatu waktu, seperti terminal, modem, dan printer.
  • Blok device driver: Mengatur perangkat yang membaca dan menulis data dalam blok, seperti sebagai berbagai bentuk memori sekunder (magnetik disk, CD-ROM, dll).
  • Network device driver: Mengatur kartu jaringan dan komunikasi port yang terhubung ke perangkat jaringan, seperti jembatan dan router.
  • Perangkap dan kesalahan: Menangani perangkap dan kesalahan yang dihasilkan oleh
  • prosesor, seperti kesalahan memori.
  • memori fisik: Mengatur halaman kolam frame di memori nyata dan mengalokasikan halaman untuk memori virtual.
  • Interrupts: Menangani interupsi dari device tersebut.

Windows

Single-User Multitasking

Windows (dari Windows 2000 dan seterusnya) adalah contoh yang signifikan dari apa yang telah menjadi gelombang baru di sistem operasi komputer mikro (contoh lain adalah Linux dan MacOS). Jendela itu didorong oleh kebutuhan untuk memanfaatkan kemampuan pengolahan hari ini 32-bit dan 64-bit, yang saingan mainframe hanya beberapa tahun lalu di kecepatan, kecanggihan perangkat keras, dan kapasitas memori.

Salah satu fitur yang paling penting dari sistem operasi baru ini adalah bahwa, meskipun mereka masih ditujukan untuk mendukung satu pengguna interaktif, mereka multitasking sistem operasi. Dua perkembangan utama memicu kebutuhan multitasking di komputer pribadi, workstation, dan server. Pertama, dengan meningkatnya kecepatan dan kapasitas memori dari mikroprosesor, bersama dengan dukungan untuk virtual memory, aplikasi telah menjadi lebih kompleks dan saling terkait. Untuk Misalnya, pengguna mungkin ingin menggunakan pengolah kata, program gambar, dan sebuah aplikasi spreadsheet secara bersamaan untuk menghasilkan document.

Dengan multitasking, jika pengguna ingin untuk membuat gambar dan sisipkan ke dokumen pengolah kata, langkah-langkah berikut diperlukan:

  • Buka program gambar.
  • Buat gambar dan menyimpannya dalam file atau pada clipboard sementara.
  • Tutup program gambar.
  • Buka program pengolah kata.
  • Masukkan gambar di lokasi yang benar.

Arsitektur

Menggambarkan keseluruhan struktur dari Windows 2000; kemudian rilis Windows, termasuk Vista, pada dasarnya memiliki struktur yang sama pada tingkat rincian ini. Itu struktur modular Windows cukup memberikan fleksibilitas. Ini dirancang untuk mengeksekusi pada berbagai platform perangkat keras dan mendukung aplikasi yang ditulis untuk berbagai sistem operasi lain.

Client / Server Model

Sistem operasi Windows jasa, yang dilindungi subsistem, dan aplikasi disusun menggunakan klien / server model komputasi, yang merupakan Common model untuk komputasi terdistribusi dan yang dibahas dalam bagian Keenam. Arsitektur sama dapat diadopsi untuk penggunaan internal untuk sebuah sistem tunggal, seperti halnya dengan Windows. NT asli API adalah seperangkat layanan berbasis kernel yang menyediakan abstraksi inti digunakan oleh sistem, seperti proses, benang, virtual memory, I / O, dan komunikasi. Windows menyediakan jauh lebih kaya set layanan dengan menggunakan klien / server model untuk melaksanakan fungsi dalam proses mode pengguna. Baik lingkungan subsistem dan Windows pengguna layanan modus diimplementasikan sebagai proses yang berkomunikasi dengan klien melalui RPC. Setiap proses server menunggu permintaan dari klien untuk salah satu layanan (misalnya, layanan memori, proses penciptaan jasa, atau layanan jaringan). Seorang klien, yang dapat menjadi sebuah program aplikasi atau server lain program, permintaan suatu layanan dengan mengirimkan pesan message.The disalurkan melalui Eksekutif yang sesuai server server.The melakukan operasi yang diminta dan mengembalikan hasil atau informasi status melalui pesan lain, yang diarahkan melalui Eksekutif kembali ke klien.

Threads dan SMP

  • OS rutin ini dapat berjalan pada prosesor yang tersedia, dan rutinitas yang berbeda dapat mengeksekusi secara bersamaan pada prosesor yang berbeda.
  • Windows mendukung penggunaan beberapa benang eksekusi dalam satu proses. Beberapa benang dalam proses yang sama dapat mengeksekusi pada berbagai prosesor secara bersamaan.
  • Proses server dapat menggunakan beberapa benang untuk memproses permintaan dari lebih dari satu klien secara bersamaan.
  • Windows menyediakan mekanisme untuk berbagi data dan sumber daya antara proses dan fleksibel interprocess kemampuan komunikasi.

Windows Objects

Windows menarik berat pada konsep-konsep berorientasi obyek design.This memfasilitasi pendekatan berbagi sumber daya dan data antara proses dan perlindungan sumber daya dari sah access.Among kunci konsep berorientasi obyek yang digunakan oleh Jendela adalah sebagai berikut:

  • Encapsulation: Sebuah benda terdiri dari satu atau lebih item data, yang disebut atribut, dan satu atau lebih prosedur yang dapat dilakukan pada data tersebut, yang disebut services.The-satunya cara untuk mengakses data dalam suatu objek adalah dengan menerapkan salah satu objek layanan. Dengan demikian, data dalam objek dengan mudah dapat dilindungi dari penggunaan yang tidak sah dan dari penggunaan yang salah (misalnya, mencoba untuk melaksanakan nonexecutable sepotong data).
  • Objek kelas dan contoh: Sebuah kelas objek adalah template yang berisi daftar atribut dan layanan dari sebuah objek dan mendefinisikan objek tertentu dapat characteristics. OS membuat contoh-contoh khusus dari suatu kelas obyek yang diperlukan. Sebagai contoh, ada proses tunggal objek kelas dan satu proses untuk setiap objek yang sedang aktif Pendekatan process.This menyederhanakan pembuatan obyek dan manajemen.
  • Warisan: Meskipun pelaksanaan kode dengan tangan, menggunakan Eksekutif warisan untuk memperluas kelas objek dengan menambahkan fitur baru. Setiap Eksekutif

Proses pembuatan & penghentian proses? (termasuk switching-nya)

Konsep pembuatan proses pada sistem operasi linux :

§ Setiap proses diberi nomor khusus sebagai identifikasi yang disebut process identification atau PID berupa angka integer unik.

§ Jika proses selesai (Terminated) maka semua sumber daya yang digunakan termasuk PID dibebaskan kembali.

§ Proses dibuat menggunakan system call fork() yang sering disebut forking proses

§ System call fork() mengkopi proses pemanggil sehingga akan terdapat 2 proses yaitu :

1. Proses pemanggil disebut PARENT

2. Proses hasil kopian disebut CHILD

§ Proses CHILD identik dengan proses PARENT-nya tetapi memiliki PID yang berbeda.

§ Setelah proses baru (child) berhasil dibuat eksekusi dilanjutkan secara normal di masing-masing proses pada baris setelah pemanggilan system call fork().

§ Proses pemanggil (PARENT) dapat melakukan forking proses lebih dari satu kali sehingga memungkinkan terdapat banyak proses CHILD yang dieksekusi.

§ Proses CHILD dapat melakukan forking proses seperti halnya PARENT sehingga dapat terbentuk struktur pohon proses.

Konsep pembuatan proses pada sistem operasi windows :

Desain proses Windows dikendalikan oleh kebutuhan untuk menyediakan dukungan berbagai variasi dari lingkungan OS. Proses didukung oleh perbedaan lingkungan OS dalam berbagai cara, termasuk termasuk yang di bawah ini:

· Bagaimana proses dinamakan

· Jika thread disediakan proses

· Bagaimana proses dipresentasikan

· Bagaimana sumber daya proses dilindungi

· Bagaimana mekanisme ang digunakan untuk komunikasi interproces dan sinkronisasi

· Bagaimana proses dihubungkan dengan yang lain

Karakteristik penting dari proses Windows adalah sebagai berikut:

· Proses windows diimplementasikan sebagai object.

· Sebuah proses executable bisa berisi satu atau lebih thread.

· Proses dan object thread memiliki kemampuan sinkronisasi built- in.

Proses Pembuatan Suatu Proses dimulai dengan mengeksekusi program kemudian memeriksa priority dan apabila prioritynya tinggi maka akan langsung pada status ready dan kemudian running tapi jika priority sedang atau perlu antrian, maka akan ada proses blocked dan mengantri sampai giliran program tersebut running.

Sedangkan proses berhenti dilakukan apabila proses tersebut telah complete atau selesai atau jika user melakukan pembatalan pada proses tersebut dan alasan terjadinya penghentian sebuah proses pada windows tidak jauh beda seperti pada proses perhentian yang terjadi pada OS linux.

About these ads